Ruang lingkup dari sistem informasi manajemen SDM berbasis
kompetensi meliputi beberapa hal berikut :
1. Struktur organisasi (organization
chart), membuat data base untuk setiap jenis pekerjaan atau pada setiap jabatan
di organisasi/perusahaan
2. Membuat analisis jabatan dan uraian jabatan (job analysis and
job description), yang berisikan :
a. Nama
jabatan (job title)
b. Tugas aktivitas jabatan (job content)
c.
Tanggung jawab jabatan (job accountabilities) standar performansi atau tujuan
dan ukuran kerja
d. Data
pengukuran jabatan (job measurement data)
e.
Kebutuhan kompetensi jabatan (competency requirements)
3. Asesmen kompetensi (people assessment). Menerangkan pada
setiap pemegang jabatan memiliki kompetensi apa
4. Matching jabatan orang (job person matching). Memroses
matching dan memberikan laporan daftar individu yang tepat untuk menempati
posisi jabatan
5. Konsultasi pengembangan (development
advice). Hasil matching jabatan orang tersebut dapat digunakan sebagai
informasi dasar atau masukan awal untuk menentukan arah pengembangan individu
tersebut, baik dalam rangka untuk meningkatkan performansi jabatan sekarang
maupun untuk mempersiapkan promosi jabatan.
6. Kebutuhan pelatihan (training needs
assessment/TNA). Untuk memberikan informasi mengenai level kompetensi yang
dibutuhkan dalam jebatan tertentu. Dengan informasi tersebut, akan dapat
diketahui kekurangan atau kebutuhan akan pelatihan untuk jabatan tersebut.
7. Administrasi kepegawaian. Mencakup
administrasi kepegawaian dan dapat memberikan bantuan administratif, serta
memelihara informasi, program manajemen dan pelatihan berbasis kompetensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar