Minggu, 11 Januari 2015

Ruang Lingkup dan Sistem Informasi SDM



Ruang lingkup dari sistem informasi manajemen SDM berbasis kompetensi meliputi beberapa hal berikut :

1.      Struktur organisasi (organization chart), membuat data base untuk setiap jenis pekerjaan atau pada setiap jabatan di organisasi/perusahaan

2. Membuat analisis jabatan dan uraian jabatan (job analysis and job description), yang berisikan :
a. Nama jabatan (job title)
b. Tugas aktivitas jabatan (job content)
c. Tanggung jawab jabatan (job accountabilities) standar performansi atau tujuan dan ukuran kerja
d. Data pengukuran jabatan (job measurement data)
e. Kebutuhan kompetensi jabatan (competency requirements)

3. Asesmen kompetensi (people assessment). Menerangkan pada setiap pemegang jabatan memiliki kompetensi apa

4. Matching jabatan orang (job person matching). Memroses matching dan memberikan laporan daftar individu yang tepat untuk menempati posisi jabatan

5. Konsultasi pengembangan (development advice). Hasil matching jabatan orang tersebut dapat digunakan sebagai informasi dasar atau masukan awal untuk menentukan arah pengembangan individu tersebut, baik dalam rangka untuk meningkatkan performansi jabatan sekarang maupun untuk mempersiapkan promosi jabatan.

6. Kebutuhan pelatihan (training needs assessment/TNA). Untuk memberikan informasi mengenai level kompetensi yang dibutuhkan dalam jebatan tertentu. Dengan informasi tersebut, akan dapat diketahui kekurangan atau kebutuhan akan pelatihan untuk jabatan tersebut.

7. Administrasi kepegawaian. Mencakup administrasi kepegawaian dan dapat memberikan bantuan administratif, serta memelihara informasi, program manajemen dan pelatihan berbasis kompetensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar